Wednesday 27 May 2009

EIS(Executive Informaton System) dengan m.Seven ® EIS


Apa itu EIS?


EIS merupakan sistem informasi yang berbasis komputer dengan para eksekutif ataupun manager sebagai end-user penggunanya. EIS terintegrasi dengan data dari external ataupun data internal yang dibutuhkan oleh manajemen. EIS difokuskan untuk membantu para eksekutif untuk memilih informasi secara cepat untuk mengidentifikasikan masalah dan mengambil kesempatan berdasarkan informasi yang telah dihasilkan.

EIS memiliki keunikan dalam pengembangannya, dikarenakan EIS berdiri dari begitu banyak data sumber maupun berdiri dari beberapa Sistem Informasi yang sudah ada dan berjalan di dalam organisasi.


Tujuan

Tujuan dari pembangunan aplikasi Executive Information System (EIS) adalah untuk membantu para manager atau para eksekutif dalam mempelajari tentang sebuah organisasi, bagaimana proses-proses bekerja, interaksi antara lingkungan luar dengan lingkukangan dalam suatu organisasi dan pendukung dalam pengambilan keputusan berdasarkan data yang akurat. Secara global, EIS merupakan sistem yang digunakan oleh top level management sehingga para penggunanya dapat memperoleh informasi yang telah ada di sistem konvensional dan informasi yang di dapatkan merupakan informasi hasil dari sistem yang dikastemisasi sesuai dengan kebutuhan output informasi tersebut. EIS membutuhkan kastemisasi dikarenakan data input yang diperlukan untuk menghasilkan output yang dibutuhkan oleh top level management merupakan informasi yang telah diolah sebelumnya sehingga menghasilkan informasi yang dapat dianalisa baik secara rentang waktu dan juga secara global.

Komponen Executive Information System

1. Hardware
Kebutuhan akan hardware yang dapat mendukung EIS berjalan seperti:
• Komputer klien yang memadai.
• Server yang memiliki storage yang mencukupi.
2. Software
Software EIS memiliki skema client/server dimana software tersebut dapat diakses melalui jaringan lokal, mencakup :
• Server database menggunakan bahasa SQL.
• Menggunakan Visual Programming
• Graphical User Interface
• User friendly
3. Interface

Setelah kita mengetahui apa itu EIS, mari kita bahas software yang dapat mengimplementasikan fungsi dari EIS ini sendiri, diantaranya adalah Corda 7, gtEksekutif, Integra EIS, Inova EIS, dan m.Seven® EIS. Di sini kita akan mencoba membahas produk software m.Seven® EIS, jika memungkinkan pada pembahasan selanjutnya kita akan membahas pengimplementasian EIS pada Corda 7.

m.Seven® EIS

Sejak EIS menggunakan data dari berbagai macam sumber , baik yang didapat dari database data internal maupun data yang dikumpulkan dari data external yang dapat berupa data memo , data analisa , data laporan dan lain lain . Untuk itu diperlukan interface yang dapat memadukan data-data yang masih relevan dengan data yang digunakan untuk EIS.

m.Seven ® EIS (Exsecutive Information System) adalah sistem informasi yang menggabungkan beragam fitur sistem informasi manajemen dan sistem pendukung keputusan . Ketika pertama kali dikembangkan, software ini hanya fokus pada strategi kebutuhan informasi manajemen. Dengan demikian, tujuan utama dari eksekutif sistem informasi adalah menyediakan kepada eksekutif berbagai informasi yang dapat dengan cepat dan mudah untuk diakses dari perusahaan seperti Critical Succes Factors (CSFs) - faktor utama yang penting bagi suatu organisasi dalam penyelesaian tujuan strategis - key performance indicators (KPIs) atau Target Utama pelaksanaan. Misalnya, eksekutif dari sebuah toko eceran mungkin akan mempertimbangkan faktor seperti hasil penjualan dengan e-commerce dibandingkan dengan hasil penjualan tradisional, atau merk produk campuran, yang akan mempengaruhi kelangsungan hidup dan keberhasilan toko tersebut.

Namun, sistem informasi eksekutif menjadi begitu banyak digunakan oleh manajer, analis, dan pekerja profesional lainnya yang terkadang disebut "semua orang dari sistem informasi". Lebih populer disebut sebagai sistem informasi perusahaan (EIS: Enterprise Information System) dan sistem pendukung eksekutif (ESS: Executive Support System ). Nama-nama ini juga mencerminkan bahwa sebenarnya EIS mendukung lebih banyak fitur, seperti browsing Web, surat elektronik, alat groupware, dan DSS serta sistem pakar, yang sedang ditambahkan ke banyak sistem untuk membuat lebih bermanfaat bagi para manajer bisnis dan profesional.

Dalam sebuah EIS, informasi tersebut disajikan dalam bentuk yang sesuai dengan keinginan dari eksekutif dengan menggunakan sistem. Sebagai contoh, sebagian besar sistem informasi eksekutif menekankan penggunaan grafis yang berbasis pada interface atau tatap muka dan tampilan grafis yang dapat disesuaikan dengan preferensi informasi dari eksekutif menggunakan EIS. Informasi lainnya, metode presentasi digunakan oleh sebuah EIS termasuk tren analisis dan pelaporan. Kemampuan untuk menelusuri, yang memungkinkan eksekutif untuk segera mengambil dan menampilkan informasi yang terkait di tingkat bawah secara detail, adalah kemampuan terpenting lainnya.

Masvent Technosoft telah mengembangkan dengan sungguh-sungguh suatu software dan siap untuk disesuaikan dengan sistem informasi eksekutif, yaitu m.Seven ® EIS. Siap untuk menyesuaikan berarti Masvent memiliki semua moduls umum, seperti:
• User interface portal builder
• Database konektor
• Standar presentasi modul seperti grafis
• Teks atau multimedia

Terakhir produk yang akan terinstall di satu klien akan jauh berbeda dengan yang terpasang di klien lainnya. Akan tergantung pada penyesuaian yang sesuai dengan kebutuhan klien. Gambar berikut ini menunjukkan salah satu contoh user interface m.Seven ® EIS:


Pada layout di atas ditampilkan beberapa keterangan sederhana dan singkat. Kemudiam coba kita perhatikan, bagaimana m.Seven ® EIS menyediakan sistem pengguna dengan kemampuan untuk menelusuri dengan cepat ke tingkat yang lebih rendah dan terperinci dalam bidang tertentu. Di samping kemampuan drill-down, m.Seven ® EIS juga menekankan kecenderungan analisis dan pelaporan. Dengan demikian, pengguna dalam hal ini adalah pembisnis dapat dengan cepat menemukan faktor kunci yang tersembunyi dan menjangkau faktor penting yang menyimpang dari hasil yang diharapkan.

Pendek kata, m.Seven ® EIS telah siap untuk menyesuaikan aplikasi software yang menyediakan eksekutif dengan singkat, to the point, dan mudah untuk memahami organisasi informasi penting yang relevan dengan strategi dan operasi organisasi. Tampilan pada m.Seven ® EIS dapat bervariasi dari organisasi ke organisasi. Produk itu sendiri bisa relatif mudah untuk personalisasi serta untuk menyesuaikan kebutuhan spesifik. Software ini mengekstrak struktur organisasi yang sudah menggunakan data (database, business intelligence cubes, dll) maupun data dan informasi tak terstruktur. Ada juga kemampuan untuk mendapatkan data dari luar organisasi seperti operasi dari internet.

Fitur-fitur m.Seven ® EIS:
• Simple dashboard seperti user interface untuk memastikan pengguna eksekutif fokus pada ringkasan informasi. Dilengkapi dengan visual flag indikator untuk mengukur prestasi.
• Mudah untuk mempersonalisasikan dan menyesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik organisasi.
• Menyeimbangkan scorecard standar EIS dengan kemampuan yang dapat disesuaikan.
• Akses cepat ke realtime data.
• Kemampuan untuk menghasilkan chart, ghrap dan laporan.
• Keamanan pengguna dan hak akses.
• Java ™ aplikasi berbasis web untuk platform gratisan, yang dapat diterapkan di banyak platform apapun: Windows ™, Linux, atau Macintosh.
• Memanfaatkan Masvent asli di μ.IntegrationBus ™, sebuah SOA (Service Oriented Architecture) berbasis perusahaan service bus (lengkap dengan Adapters) untuk memudahkan interconnectivity ke berbagai macam aplikasi dari berbagai jenis. Mendukung aplikasi ke aplikasi konektivitas, melihat setiap portal yang berbasis konektivitas, serta koneksi ke database. Dengan fitur ini, m.Seven ® EIS siap untuk dihubungkan dengan SAP R / 3 atau BusinessOne ™, Oracle eBusiness Suite ™, Microsoft Dynamics ™ / Navision .
• Dapat terhubung ke database utama (RDBMS) seperti Oracle 10g ™, Microsoft ® ™ SQL Server 2005, MySQL atau PostGre.

Sistem Informasi Eksekutif yang menyebar ke dalam peringkat tengah manajemen dan bisnis profesional sebagai uji kelayakan dan keuntungan, telah diakui sebagai sistem yang sedikit-mahal untuk jaringan klien / server dan untuk mengadakan intranet dalam perusahaan. Misalnya, satu software popular EIS SP melaporkan hanya 3 persen dari pengguna yang merupakan top eksekutif.

Komentar :

ada 1
popy said...
pada hari 

Tulisannya sangat bermanfaat sekali. dapat menambah pengetahuan mengenai software untuk pembuatan keputusan, selain yang didapat di kampus.

Post a Comment

 

Development by Sigit Widiyanto '@2009'