Friday 29 May 2009

2009 Telah Masuk Era Digital


Tanggal 20 mei 2009, berbarengan dengan ulang tahun hari Kebangkitan Nasional Indonesia, presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Era TV digital. Acara yang diadakan di Kota Bandung tersebut juga melakukan teleconference dengan tiga daerah pelosok yang telah memiliki instalasi internet dan dhadiri oleh seluruh mentri Kabinet Bersatu.

Program yang telah dicanangkan pada pertengahan 2008 yang lalu, kini telah terlaksana. Meskipun, pemerintah juga sempat pesimis. Hal ini berkaitan dengan biaya yang harus ditanggung oleh masyarakat sekitar 300-400 perbulan. Seperti yang dilansir oleh detik news pada awal maret 2009 yang lalu, "Mungkin bagi sebagian masyarakat, membeli perangkat seharga Rp 300-400 ribu mudah saja, namun belum tentu bagi masyarakat kecil lainnya," jelas Nuh yang sedang menjabat sebagai Mentri Perekonomian dan Informatika dalam acara pelantikan BRTI periode 2009-2011 di gedung Depkominfo.

Ujicoba siaran digital telah dimulai sejak Agustus tahun lalu oleh lembaga penyiaran negeri (LPN) yang digawangi TVRI. LPN merupakan satu dari tiga kelompok yang ikut mengujicoba siaran digital. Sementara dua lainnya ialah konsorsium lembaga penyiaran swasta (LPS) yang terdiri dari SCTV, TransTV, TVOne, Trans7, Metro TV, dan ANTV. Dan akhir-akhir ini kelompok TV mobile juga turut bergabung.

Dengan teknologi penyiaran digital slot untuk kanal frekuensi akan menjadi lebih banyak dan pemanfaatan alokasi frekuensi juga lebih efisien. Selain itu, kemungkinan membuat program yang interaktif dengan melibatkan semua pemirsanya akan lebih mudah.

Momentum penyiaran digital dapat membuka peluang yang lebih banyak bagi masyarakat untuk meningkatkan kemampuan ekonominya. Peluang usaha di bidang rumah produksi, pembuatan aplikasi audio, video, multimedia, industri sinetron, film, hiburan, komedi, dan sejenisnya menjadi potensi baru untuk menghidupkan ekonomi masyarakat. Masalah biaya telah teratasi dengan adanya subsidi dari pemerintah, yang tegabung dengan subsidi pendidikan sebesar 20%.

Kembali ke pernyataan orang nomor satu di Indonesia saat ini, dan sekaligus calon peserta pemilu 2009 yang akan berdampingan dengan Boediono mantan Gubernur Bank Indonesia, beliau mengatakan, ”Era TV digital adalah era perubahan sistem informasi, yang memanfaatkan prosedur sharing dan internet. Sehingga permasalahan-permasalahan dari masyarakat bahkan, pedalaman dapat tersampaikan ke pemerintah. Tidak hanya itu, pemerintah pun dapat menyampaikan informasi terhadap masyarakat secara up-to-date dan program ikut mencerdaskan anak bangsa dapat segera terealisasi”.

Komentar :

ada 0 comments ke “2009 Telah Masuk Era Digital”

Post a Comment

 

Development by Sigit Widiyanto '@2009'